Tutorial Membuat Website HTML BAG 1



Banyak Orang sering berpikir membuat sebuah website itu sangatlah sulit.Namun tidak demikian bila orang mau belajar lebih tentang membuat sebuah website. Dan jika Anda mau belajar/membaca, Anda akan bisa membuat website hanya dalam satu jam.

Banyak orang yang keliru mengatakan bahwa perangkat lunak yang mahal dan canggih yang dibutuhkan untuk membuat website. Memang benar bahwa ada banyak program yang berbeda yang mengklaim mereka dapat membuat website untuk Anda. Beberapa datang lebih dekat daripada yang lain. Tetapi jika Anda ingin melakukan dengan benar, Anda harus melakukannya sendiri. menggunakan, perangkat lunak sederhana dan gratis dan Anda sudah memiliki semua software yang Anda butuhkan.

Tujuan dari tutorial ini adalah untuk memberikan pengenalan kepada anda, dengan cara mudah namun menyeluruh dan benar untuk membuat sebuah website. Tutorial dimulai dari nol dan bagi anda yang sama sekali belum memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pemrograman.


Mungkin tutorial ini tidak dapat menunjukkan segalanya. Tapi jangan khawatir - belajar membuat website itu menyenangkan dan memberikan sejumlah kepuasan bila Anda berhasil melakukannya dengan benar.

Bagaimanapun cara anda menggunakan tutorial ini. Tapi saya sarankan Anda membaca hanya dua atau tiga pelajaran sehari dan meluangkan waktu untuk bereksperimen dengan hal-hal baru yang Anda pelajari dalam setiap pelajaran.

Oke, cukup sampai disi ngocehnya. Mari kita mulai!

Pelajaran 1:

Dalam pelajaran pertama, Anda akan mendapatkan presentasi singkat mengenai perangkat yang diperlukan untuk membuat sebuah website.

Apa saja yang perlu dibutuhkan?

Kemungkinan besar Anda telah memiliki semua yang dibutuhkan.

Anda memiliki "browser". Browser adalah program yang digunakan untuk mencari dan membuka website. Dan sekarang Anda melihat halaman ini dalam browser Anda.

browser yang Anda gunakan tidaklah begitu penting. Karena setiap orang memiliki browser faforitnya sendiri. seperti Opera dan Mozilla Firefox dan semua itu bisa digunakan.

Anda mungkin telah mendengar tentang, program-program seperti Microsoft FrontPage, Macromedia Dreamweaver atau bahkan Microsoft Word, yang mengklaim bahwa mereka dapat membuat website untuk Anda. Lupakan program ini untuk saat ini! Mereka bukan dari tutorial bagaimana kode website dibuat untuk anda.

Sebaliknya, Anda malah memerlukan editor teks sederhana. Jika Anda menggunakan Windows Anda dapat menggunakan Notepad, yang biasanya ditemukan di start menu di bawah Program di Aksesoris:
atau anda bisa menggunakan Geany jika menggunakan Linux


namun kali ini saya menggunakan Geany karna saat ini saya menggunakan linux.

Geany adalah sebuah IDE sederhana dan sangat ringan yang dikhususkan untuk beberapa jenis bahasa pemograman, bahasa scripting dan bahkan bahasa markup. berhubung saya pengguna linux mint maka ada beberapa pemograman seperti C / C++ / C# yang gak begitu banyak IDE yang cukup ringan untuk menjalankannya di linux mint. maka saya gunakan Geany namun Geany hanyalah sebuah text editor jadi untuk menjalankan sebuah bahasa pemograman kita butuh compiler untuk menjalankannya misalkan C dan C++ kita butuhkan compiler GCC (GNU C Compiler) dan untuk Java misalnya kita butuh Java JDK. Namun kali ini kita tinggalkan dulu apa itu C / C++ / C#


Hanya dengan sebuah browser dan Notepad (atau editor teks yang mirip sederhananya) yang Anda perlukan memulai tutorial ini dan membuat website Anda sendiri.

Apakah saya perlu online?

Anda tidak harus terhubung ke Internet (online) untuk membuat website Anda.

Jika Anda tidak ingin online saat membaca tutorial ini, Anda dapat mencetaknya atau hanya memutus hubungan Internet saat membaca di layar. Anda dapat membuat website pada hard disk komputer Anda dan mengupload ke Internet pada saat selesai.

Oke deh sampai disini dulu nanti kita teruskan di Pelajaran berikutnya




Tutorial Membuat Website HTML BAG 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tifa Computer

0 komentar: